Syarat: Untuk memahami contoh berikut, Anda terlebih dahulu memahami dengan jelas materi pertama pada pelajaran ini. Cek kembali postingan pada Google Kelas.
Photo by Alex Kondratiev on Unsplash |
Pada
Materi sebelumnya di langkah-langkah Induksi Matematika telah dijelaskan cara
membuktikan suatu pernyataan yang perlu diuji kebenarannya. Pada materi
tersebut Anda dituntut untuk membuktikan suatu pernyataan. Pernyataan tersebut
berupa barisan bilangan tertentu dan Anda perlu membuktikan formula yang
dicantumkan benar atau tidak.
Dan
pada materi kali ini, Anda akan merancang suatu formula pada barisan bilangan
yang telah ditentukan. Dengan Anda merancang formula barisan tersebut Anda
dapat dengan mudah menentukan hasil suatu penjumlahan barisan suatu bilangan.
Pelajari dengan seksama
contoh di bawah ini!!!
1. Tanpa menggunakan alat bantu hitung,
rancang formula yang memenuhi pola penjumlahan bilangan 1 hingga 20. Kemudian,
uji kebenaran formula yang telah ditemukan sedemikian sehingga berlaku untuk
penjumlahan bilangan mulai dari 1 hingga n,
dengan n bilangan asli.
Untuk mendapatkan formulanya, maka:
a.
Selisih dua bilangan yang berurutan
selalu sama yaitu 1
b.
Hasil
(1+20) = (2+19) = (3+18) = (4+17) = ………..= (10+11) = 21.
Dengan demikian, terdapat sebanyak 10 pasang bilangan yang jumlahnya sama dengan 21.
Dengan demikian, hasil dari
10
pasang x 21 = 210. Bingung??? Perhatikan cara penulisan secara matematika
berikut.
Penjelasannya adalah…..
20 adalah banyaknya n
2 adalah pembagi agar didapatkan angka 10
(10 pasang)
21 adalah hasil penjumlahan dari 10 pasang bilangan.
Masih bingung??? Parahmen.
Lanjutan
dari pertanyaan pada contoh diatas adalah….
Uji kebenaran formula yang telah ditemukan sedemikian sehingga berlaku untuk
penjumlahan bilangan mulai dari 1 hingga n,
dengan n bilangan asli.
Jawaban
Pada jawaban di atas
Anda dapat menyimpulkan sebuah formula yaitu
Dengan tutup mata, Anda dengan mudah menjawab soal bagian a
Apakah Anda bisa menjawab contoh soal bagian b, dan c? Tuliskan jawabanmu dikolom komentar pada postingan ini.
Download file materi ini di sini
Penjelasan lebih lanjut pada video pembelajaran berikut ini!
b.1+2+3+4+5+6+...+1500=
ReplyDelete=1500/2(1500+1)
=750(1501)
=1125750
c.1+2+3+4+5+6+...+2500=
=2500/2(2500+1)
=1250(2501)
=3126250
Nama : Oktaviani Nilka Zalukhu
ReplyDeleteKelas : XI-MIA 1
Jawaban :
b. 1+2+3+4+5+6+...+1500 = 1500/2 (1500+1) = 750(1501) = 1.125.750
c. 1+2+3+4+5+6+...+2500 = 2500/2 (2500+1) = 1250(2501) = 3.126.250
Terus semangat belajar! Kamu sudah mengerjakan dengan baik.
ReplyDeleteNama : Vebrina Zalukhu
ReplyDeleteKelas : XI-MIA1
Jawaban:
b.1+2+3+4+5+6+...+1.500
=1500/2 (1.500+1)
=750(1.501)
=1.125.750
c.1+2+3+4+5+6+...+2.500
=2.500 (2.500+1)
=1.250 (2.501)
=3.126.250